Social Icons

Pages

Friday 21 September 2012

Clay Sabun

Salah satu cara mengobati rasa penat dari segala aktivitas adalah membuat kerajinan tangan. Setelah rajutan sukses menembus pasar dalam dan luar kota, kini ceritanya aku mau membuat produk baru.., yaitu bros dan gantungan hp clay yang wangi.. Keinginan yang baru terlintas dalam hati itu pun ternyata tak bertepuk sebelah tangan. Karena suatu ketika, tanpa sengaja ku temukan buku cara membuat clay dari sabun di sebuah toko buku, daaan yang membuat ku lebih bahagia adalah plastik kemasan buku tersebut sudah terbuka.. hehe.. *jadi ga usah beli..^^ 
Bahan-bahannya adalah 
  1. sabun mandi yang diparut hingga halus (harusnya di blender)
  2. tepung aci (tiba-tiba lupa bahasa Indonesianya)
  3. dan lem fox
  4. pewarnanya bisa pakai cat poster atau cat air. 
dan taraaa.. ^^, jadilah.. jadilah..
seminggu kemudian, ada yg menghubungi untuk memberi pelatihan buat clay sabun. padahal masih amatir.. 

15 comments:

  1. mbak,aku coba buat clay pakai resepnya mbak,tapi kok gagal ya,,bagaimana perbandingan campuan bahannya ya,jadi ga karuan punya aku

    ReplyDelete
  2. sebenernya sy ga ada takarannya, hehe.. pake feeling.. yang jelas.. sabunnya jangan terlalu banyak nnti licin.. campurkan ke dalam tepung kanji (aci) dan camprukan lem fox sampai kalis.. sampai adonan tidak lengket di tangan, kl terlalu banyak lem tambahkan tepung begitu juga kl terlalu keras adonannya tambahkan lem..

    ReplyDelete
  3. mau tanya sist, itu untuk pewarnaanya itu pake pwarna makanan atau cat yg diatas? klo pake cat gmna cara warnainnya apa tunggu kering claynya atau pas saat adonan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pewarnanya bisa pakai pewarna makanan maupun pakai cat poster atau cat air. kalo sampel diatas saya pakai cat poster. dicampur dengan zat pewarna saat adonannya masih lembek/basah, diuleni aja nnti juga mencampur sendiri :)

      Delete
  4. butuh brp lama untuk menunggu keringnya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dua hari tergantung panasnya matahari, krna saya jemur di bawah terik matahari.. katanya pakai oven juga bisa, tapi saya belum pernah coba :)

      Delete
  5. sist itu claynya tahan brapa hari? awet ga sih? terus clynya bisa d jadiin apa aja? cuma gantungan kunci kah? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insyallah Clay nya awet, krna terbuat dari sabun dan lem jadi ga akan jamuran. Banyak variasi bentuk yang bisa dibuat dari clay, gantungankunci, gantungan HP, bross ada juga yang dibuat hiasan di meja.. di Search aja di google untuk referensi bentuk2 clay. :)

      Delete
  6. kereeeeeeeeeeeeen tiaaaaaaaaaaaaaaa

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. perbandingan sabun dan tepung kanjinya tuh berapa banding berapa kak ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kl saya ga pake takaran yg jelas, saya tambahkan tepung kanjinya sedikit demi sedikit sampai adonan nya kalis dan tidak terlalu lengket (bisa dibentuk). pake perasaan aja.. kl keras tambahkan lem, kl terlalu lengket tambahkan kanji, sampai adonannya stabil.

      Delete
  9. mbak mau tanya clay sabun klau di campur tepung warnanya akan berubah gag seperti clay tepung ? coalnya aq nyoba yang pake tepung warnanya berubah
    truz klau clay sabun gag usah di campur natrium benzoat lg kan ? maksih

    ReplyDelete
  10. itu bisa di oven? pake oven listrik bisa? brp lama ovennya?

    ReplyDelete

 

Sample text

Sample Text

Sebuah catatan kecil tentang tia